Makalah Sejarah Pemrograman Mobile

Makalah Sejarah Pemrograman Mobile - Hallo Sob Dhanjunkie, Akan sharing posting yang berjudul Makalah Sejarah Pemrograman Mobile, mudah-mudahan isi postingan yang saya tulis ini bisa bermanfaat. Bantu Share ya sob buat semangat nulis pos lainya.

Judul Psting : Makalah Sejarah Pemrograman Mobile

lihat juga


Makalah Sejarah Pemrograman Mobile

Sejarah & Perkembangan Pemrograman Mobile



KATA PENGANTAR

Semua puji cuma punya allah swt. Shalawat beserta salam senantiasa tercurahkan pada rasulullah saw. berkat limpahan serta rahmat-nya penyusun dapat merampungkan tugas makalah sejarah pemrograman mobile ini manfaat mencukupi tugas mata kuliah Pemrograman Bergerak.

Makalah ini disusun supaya pembaca bisa memperluas pengetahuan perihal bagaiman perkembangan sejarah dari masa ke masa tentang pemrograman mobile, yang penulis sajikan menurut pengamatan dari beragam sumber informasi, dan referensi. makalah ini di susun oleh penyusun dengan beragam halangan. baik itu yang datang dari diri penyusun ataupun yang datang dari luar. tetapi dengan penuh kesabaran serta terlebih pertolongan dari allah, selanjutnya makalah ini bisa teratasi.
Semoga makalah ini bisa berikan wawasan yang lebih luas serta jadi sumbangan pemikiran pada pembaca terutama kepada mahasiswa kampus uin suska riau khususnya jurusan teknik informatika. saya sadar bahwa makalah ini ada banyak kekurangan serta jauh dari prima. Karenanya, kepada dosen saya menghendaki masukannya untuk perbaikan pembuatan makalah saya di periode yang akan tiba serta menginginkan kritik serta anjuran dari beberapa pembaca.

                                                                                                                       
Tri Mueri Sandes



BAB I
Pendahuluan
1.1     Latar Belakang
Pada tahun 2015 ini perkembangan dalam bidang teknologi perangkat bergerak sudah tergolong sangat berkembang pesat, makalah ini akan memberikan sebuah flashback melihat bagaimana sejarah dari pemrograman yang berbasis mobile.
Perkembangan perangkat mobile saat ini cukup pesat. perangkat mobile yaitu handphone yang dulu hanya digunakan untuk menelepon dan mengirim SMS, saat ini perangkat mobile tersebut dapat digunakan untuk melakukan pekerjaan yang
biasanya dapat dilakukan hanya melalui komputer. Melakukan komunikasi data merupakan salah satu pekerjaan yang kini dapat dilakukan melalui perangkat mobile.

Dengan memahami sejarah dari pemrograman mobile ini kita bias lebih mengerti seluk beluk dalam dunia perkembangan pemrograman mobile dari zaman dulu sampai sekarang ini,

1.2     Tujuan
·         Untuk mengetahui apa itu pemrograman mobile
·         Untuk mengetahui sejarah pemrograman mobile
·         Untuk mengetahui perkembangan pemrograman mobile

1.3     Topik Pembahasan
·         Apa yang di maksud pemrograman mobile ?
·         Bagaimana sejarah pemrograman mobile ?
·         Bagaimana perkembangan pemrograman mobile dari masa ke masa?




1.4  Metodologi Penulisan
Adapun metodologi yang digunakan untuk menyelesaikan
Tugas Makalah Sejarah Pemrograman Mobile ini adalah :
·         Penulis mengunakan metode Observasi.
Cara cara yang di gunakan pada penelitian ini penulis membaca buku buku yang berkaitan dengan Pemrograman Mobile
·         Analisa dan Evaluasi,
Pada tahap ini dilakukan pengujian proses analisa struktur makalah ini dan mengevaluasinya.













BAB II
Pembahasan
2.1 Pengertian Pemrograman Mobile
Pemrograman Mobile adalah pemrograman yang ditujukan untuk pembuatan aplikasi diperangkat mobile yang dapat kita buat dengan menggunakan Java. Keterbatasan yang sangat umum dalam bahasa pemrograman untuk peralatan mobile adalah kendala dalan segala dalam hal sumber daya, seperti ukuran layar, memori, CPU, penyimpanan dan cara menginput data. Perbedaan tampilan juga disebabkan adanya
perbedaan hardware dan API yang di gunakan. Berikut macam-macam Mobile Programming untuk ponsel :
·         J2ME
·         C++
·         Objective C
·         C#.
·         Javafx
·         PHP

Seperti namanya Mobile Programing adalah pemrogaman yang diterapkan di mobile/Handphone atau Laptop. Macam alat mobile yaitu antara lain :
·         Telepon Wireless
·         Tablet PC
·         Smartphone
·         Laptop
·         Handphone
·         dll

Pengembangan aplikasi mobile adalah proses dimana aplikasi perangkat lunak yang dikembangkan untuk daya rendah perangkat genggam , seperti asisten pribadi digital , perusahaan asisten digital atau ponsel . Aplikasi ini dapat diinstal pada ponsel selama manufaktur, didownload oleh pelanggan dari berbagai platform distribusi perangkat lunak ponsel , atau disampaikan sebagai aplikasi web menggunakan server-side atau sisi klien pengolahan (misalnya JavaScript) untuk memberikan pengalaman "aplikasi-seperti" dalam sebuah browser Web . Pengembang perangkat lunak aplikasi juga harus mempertimbangkan array panjang ukuran layar, spesifikasi hardware dan konfigurasi karena persaingan yang ketat dalam perangkat lunak mobile dan perubahan dalam setiap platform.

2.2 Sejarah & Perkembangan Pemrograman Mobile





1.      Pertama telepon seluler publik dibuat oleh Martin Cooper dari Motorola pada 3 rd April 1973 di sebuah aksi publisitas di New York. Akan ada sepuluh tahun R & D namun sebelum ponsel pertama akan memukul pasar. DynaTAC 8000X ditimbang di sekitar 2 kilogram, biaya $ 4.000 dan tidak menjalankan aplikasi.







Pion EPOC





2.     Psion EPOC
Aplikasi dikenali pertama kali datang dengan berbagai Psion komputer genggam - sebagian besar PDA - yang menggunakan sistem operasi EPOC. Pertama kali dirilis pada awal 90-an mesin yang berlari 16 bit (SIBO). EPOC memungkinkan pengguna program menggunakan seperti pengolah kata, database, spreadsheet dan buku harian. Kemudian model dalam kisaran, menjalankan 32-bit OS, akan datang dengan sampai 2MB RAM dan memungkinkan pengguna untuk menambahkan aplikasi tambahan melalui paket perangkat lunak (atau melalui download jika Anda cukup beruntung untuk memiliki modem).
EPOC, yang diprogram di OPL (Open Programming Language) dan memungkinkan pengguna untuk membuat aplikasi mereka sendiri, kemudian akan membentuk andalan dari sistem operasi Symbian.

3.   
Palm OS
Palm OS







Palm muncul sebagai saingan utama Psion di pasar PDA dengan lebih murah, kisaran fungsi yang lebih rendah atas PDA - Palm Pilot. Komersial yang sukses memungkinkan Palm untuk merilis generasi baru mesin pada tahun 1996 yang digunakan OS Palm. Ini memiliki GUI touchscreen dan datang dengan merakit aplikasi dasar serta ribuan aplikasi pihak ketiga diprogram dalam C / C ++. Dari Palm OS 3.0 dan seterusnya ini termasuk browser WAP.
Setelah akuisisi PalmSource oleh ACCESS, Palm OS menjadi ACCESS Platform Linux sebelum ditinggalkan demi webOS (yang sekarang digunakan dalam TV LG pintar).
4.    WML
Wireless Markup Language (WML) adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengimplementasikan WAP. Dokumen WML  Warisan dari HTML, tetapi WML didasarkan pada XML, jadi jauh lebih ketat dari pada HTML.
WML digunakan untuk membuat halaman yang dapat ditampilkan dalam browser WAP. Artikel dalam WML dinamakan DECK. Deck dibangun sebagai kumpulan CARD.
5.    J2ME/JME
Java adalah bahasa yang dapat dijalankan dimanapun dan di sembarang platform apapun, di beragam lingkngan : internet, intranets,consumer electronic products, dan computer applications.The java 2 platform tersedia dalam 3 edisi untuk keperluan berbeda. Untuk beragam aplikasi yang dibuat dengan bahasa Java, java dipaketkan dalam edis – edisi berikut :
1.Java 2 Standard Edition ( J2SE )
2.Java 2 Enterprise dition ( J2EE )
3.Java 2 Micro Edition ( J2ME )
Masing – masing edisi berisi Java 2 Software Development Kit ( J2SDK ) untuk mengembangkan aplikasi dan Java 2 Runtime Environent ( J2RE ) untuk menjalankan aplikasi.












BAB III
KESIMPULAN
Dari Pertama telepon seluler publik dibuat oleh Martin Cooper dari Motorola, Perkembangan dari masa ke masa pemroraman mobile cukup memiliki tingkat perbuhan yang sangat tinggi, meskipun pada tahun 2015 pemrograman mobile di dominasi oleh bahasa pemrograman  java yang di system operasi android, dan platform lainnya.
Psiom EPOC telah di rilis pada awal 90-an mesin yang berlari 16 bit, selanjutnya kemajuannya tidak sampai di situ saja palm os, dan juga wml yang di tujukan untuk mengimplementasikan WAP, dimana wml ini tidak selengkap html, dan juga tidak semua browser bisa membaca wml namun WML berisikan built-in event model, sedengkan HTML membutuhkan Javascript, VBScript, komponen ActiveX untuk menghasilkan penanganan event.
Java. Bahasa pemrograman ini awalnya dikembangkan pada The Green Project pada tahun 1991 oleh Sun Microsystem yang kemudian dilepas pada Oracle. Nama Java sendiri dipilih karena salah seorang pendiri Java, James Gosling, sangat menyukai kopi murni yang langsung digiling dari mesin giling (kopi tubruk) dimana kopi jenis ini berasal dari pulau Jawa di Indonesia.
Java menjadi salah satu bahasa pemrograman terpopuler bukan karena tanpa alasan, bahasa pemrograman ini memiliki beberapa kelebihan seperti misalnya bisa berjalan di sistem operasi yang berbeda-beda, kemudian bahasa pemrograman ini termasuk kedalam pemrograman OOP (pemrograman orientasi objek) sehingga programer lebih mudah dalam menyusun program menggunakan bahasa ini, selain itu bahasa ini juga memiliki library yang lengkap sehingga akan sangat memudahkan programer. Dan saat ini merupakan era dimana smartphone Android sangat banyak digunakan. Aplikasi dalam smartphone Android dibangun menggunakan bahasa Java, sehingga banyak juga programer-programer yang menggunakan bahasa ini karena memang sedang banyak dibutuhkan.Sampai tahun 2015 ini bahasa pemrograman mobile masih popular bahasa java.





Demikianlah Artikel Makalah Sejarah Pemrograman Mobile

Sekian Posting Makalah Sejarah Pemrograman Mobile, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua.

Anda sedang membaca artikel Makalah Sejarah Pemrograman Mobile dan artikel ini url permalinknya adalah https://dhanjunkie21.blogspot.com/2015/03/makalah-sejarah-pemrograman-mobile.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Makalah Sejarah Pemrograman Mobile"

Posting Komentar