Macam Macam Jenis Sistem Operasi

Macam Macam Jenis Sistem Operasi - Hallo Sob Dhanjunkie, Akan sharing posting yang berjudul Macam Macam Jenis Sistem Operasi, mudah-mudahan isi postingan yang saya tulis ini bisa bermanfaat. Bantu Share ya sob buat semangat nulis pos lainya.

Judul Psting : Macam Macam Jenis Sistem Operasi

lihat juga


Macam Macam Jenis Sistem Operasi

Sistem Operasi

Sistem Operasi di dalam kehidupan sehari hari perangkat gadget yang kita gunakan menggunakane sebuah sistem operasi, banyak sekali di tahun 2015 ini jenis jenis sitem operasi baik itu perangkat mobile maupun yang berbasis desktop.

Misalkan sistem operasi pada sebuah smartphone samsung galaxy young s6310 yang menggunakan sistem operasi android, kemudian ada blackberry yang menggunakan dan di kembangkan oleh Research In Motion dan masih banyak lagi yang akan di jelaskan seperti windows, linux, Macintosh, Syimbian, palm, dan Windows Mobile.

Macam-Macam Sistem Operasi

1. Sistem Operasi Linux

Sistem Operasi Linux

Sistem Operasi Linux



Linux adalah software sistem operasi open source yang gratis untuk disebarluaskan di bawah lisensi GNU. adalah turunan dari MINIX atau UNIX. Dalam sistem operasi linux juga populer dan banyak orang yang memilih menggunakannya. Linux disusun berdasarkan standard Sistem Operasi POSIX yang diturunkan dari UNIX itu sendiri. Ada beberapa jenis Distro Linux, yakni : Debian, Lycoris, Xandros, Lindows, Linare, Linux-Mandrake, RedHat Linux, Slackware, Knoppix, Fedora, Suse, Ubuntu.

2. Sistem Operasi Windows

Sistem Operasi Windows

Sistem Operasi Windows


Sistem Operasi yang satu ini sudah banyak di minati oleh sebagian orang dan terbanyak di gunakan di dunia , dalam bahasa inggris windows di artikan sebagai jendela jendela. Sistem Operasi yang di kembangkan oleh Microsoft Inc, Sistem operasi yang berbasis GUI (Graphic User Interface). Sistem operasi windows sudah berevolusi dari ms-dos, sebuah sistem operasi yang berbasis modus teks beserta command-line.

3. Sistem Operasi Macintosh


Pada Os macintosh atau Mac OS adalah singkatan dari Macintosh Operating System. Mac OS merupakan sistem operasi komputer yang diciptakan dari Apple Computer hanya untuk komputer Macintosh dan tidak sesuia dengan PC berbasis IBM.Pada tahun 1984 mulai di perkenalkan, Mac OS sejak tahun 2006 telah memiliki kompatibilitas dengan arsitektur PowerPC maupun x86.

Mac OS X adalah versi terbaru dari sistem operasi Mac OS untuk komputer Macintosh. Sistem operasi ini pertama kali dikeluarkan pada tahun 2001. Karakter “X” adalah nomor Romawi yang berarti sepuluh, di mana versi ini adalah penerus dari sistem operasi yang digunakan sebelumnya seperti Mac OS 8Mac OS 9. 

Beberapa orang membacanya sebagai huruf “X” yang terdengar seperti “eks”. Salah satu alasan mengapa mereka menafsir sedemikian karena tradisi untuk memberikan nama sistem operasi yang berbasis Unix dengan akhiran “x” (misalnya AIX, IRIX, Linux, Minix, Ultrix, Xenix). dan Mac OS X Server juga dirilis pada tahun 2001. Hal yang menarik dari OS ini adalah keindahan tampilannya sehingga menjadikannya panutan bagi pengembang desktop lain.

4. Sistem Operasi Syimbian

Syimbian yang terdapat pada perangkat mobile yang mudah kita lihat pada produk nokia yang bertipe N70, NOKIA 6600, dan masih banyak lagi, sistem operasi ini Symbian adalah sistem operasi tak bebas yang dikembangkan oleh Symbian Ltd. yang dirancang untuk digunakan pada peralatan bergerak atau ponsel. namun sekarang berkembangnya zaman operasi sistem ini sudah mulai jarang kita temui pengguna nokia yang mengoperasikannya, yang di geser oleh android yang mendominasi sistem operasi bergerak pada tahun 2015 ini.

Symbian OS bisa melakukan operasi secara multithreading, multitasking dan pengamanan terhadap memori, hampir mirip dengan desktop. Dan semua pemrograman pada Symbian dilakukan secara event-based, artinya hardware CPU menjadi tidak aktif ketika tidak ada inputan berupa aktivitas tertentu. Namun perlu dipahami sistem operasi ini memang ditujukan untuk diinstal pada peralatan mobile dengan keterbatasan sumber daya

5. Sistem Operasi Android


Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler berbasis Linux sebagai kernelnya. Andi Rubin si pembuat sistem operasi ini semakin banyak diminati oleh masyarakat. Android menyediakan platform terbuka (Open Source) bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri. sehingga hal ini yang membuat android semakin populer.

Demikian macam macam jenis sistem operasi lebih dan kurang saya mohon maaf semoga bermanfaat semoga berhasil.


Demikianlah Artikel Macam Macam Jenis Sistem Operasi

Sekian Posting Macam Macam Jenis Sistem Operasi, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua.

Anda sedang membaca artikel Macam Macam Jenis Sistem Operasi dan artikel ini url permalinknya adalah https://dhanjunkie21.blogspot.com/2015/03/macam-macam-jenis-sistem-operasi.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Macam Macam Jenis Sistem Operasi"

Posting Komentar